Oke mari kita mulai dengan hal-hal mendasar.

Apa itu kontrak pemodelan?

Merupakan kesepakatan yang harus disetujui oleh kedua belah pihak, model dan agensi sebelum memasarkan model. Ada banyak syarat dan ketentuan yang termasuk dalam perjanjian seperti:

  • Bagaimana penghasilan model akan dibagi antara model dan agensi.

  • Durasi kontrak (perpanjangan otomatis atau tidak)

  • Eksklusivitas kontrak

  • Perilaku dan etiket model

  • Terkadang pajak, biaya model.

Terutama ada 4 jenis kontrak yang berbeda yang ditawarkan untuk model oleh hampir semua agensi dan itu termasuk:

  1. Kontrak eksklusif
  • Anda akan secara eksklusif dikelola oleh agensi Anda dan Anda tidak akan diberikan kebebasan untuk bekerja dengan agensi lain selama kontrak Anda jatuh tempo. Oleh karena itu, sangat penting bagi model untuk mengklarifikasi setiap informasi pada kontrak sebelum menandatangani garis putus-putus dan memastikan bahwa itu adalah agen resmi yang Anda tandatangani.

  1. Kontrak non-eksklusif
  • Dengan kontrak ini, Anda diizinkan untuk mencari pekerjaan Anda sendiri tanpa perlu melalui agen Anda dan semua keuntungan yang diperoleh hanya berhak untuk Anda. Selain itu, Anda juga diizinkan untuk menandatangani kontrak non-eksklusif dengan agensi lain serta selama Anda menginformasikan kepada agensi Anda. Ini adalah kontrak yang sangat kami rekomendasikan untuk model karena memungkinkan kebebasan bagi para model untuk mencari pekerjaan mereka sendiri dan juga kesempatan besar bagi mereka untuk terlibat dan membangun hubungan dengan banyak orang, memperluas koneksi mereka.

  1. Satu kali kontrak
  • Kontrak ini sangat direkomendasikan untuk model-model yang tidak dapat berkomitmen untuk kontrak jangka panjang atau dikelola oleh lembaga mana pun karena jadwal sibuk atau tanggung jawab yang berat. Kontrak ini hanya ditandatangani untuk satu pekerjaan saja. Setelah model menyelesaikan tugasnya dan memenuhi semua tanggung jawab kontrak, model akan dibayar. Jika Anda tidak menerima gaji setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, Anda diizinkan untuk mengajukan gugatan terhadap perusahaan karena melanggar kontrak.

  1. Kontrak agensi induk
  • Kontrak ini memungkinkan agen induk untuk menarik komisi dari model bahkan jika ia menandatangani kontrak dengan agen yang berurutan. Agensi model ibu adalah agensi pertama yang Anda mulai sebagai model. Lembaga induk bekerja sebagai perisai Anda, mereka mempromosikan Anda ke pasar internasional. Oleh karena itu, setiap kesepakatan mengenai karir model dengan agen-agen internasional akan dibuat antara kedua pihak, agen ibu Anda dan agen berikutnya. Sebagian kecil dari penghasilan Anda kemudian akan dipotong oleh agen ibu Anda untuk upaya mereka. Meskipun Anda tidak akan mendapatkan sebanyak model tertentu, tetapi Anda dapat beristirahat memastikan bahwa Anda dilindungi dengan baik oleh agen Anda sementara masih mendapatkan banyak eksposur di industri.

Untuk menutup ini, penting untuk mengetahui setiap detail kontrak yang ditawarkan kepada Anda karena Anda tidak ingin sekadar menyerahkan karir Anda ke tangan yang salah. Semua yang terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *